Suardi Saleh Harap 'Berbaur Fest' jadi Event Nasional

    Suardi Saleh Harap 'Berbaur Fest' jadi Event Nasional
    Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si.

    BARRU - Event Berbaur Fest 2024 yang digelar di Taman Colliq Pujie, Alun-alun kota Barru dibuka secara resmi oleh Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si, pada Jumat malam (17/5/2024).

    Event yang akan berlangsung selama tiga hari 17 hingga 19 Mei 2024 ini, diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) kabupaten Barru berkolaborasi dengan para pelaku ekonomi kreatif, UMKM dan pelaku seni.

    Suardi Saleh mengatakan, dengan adanya festival ini para pelaku ekonomi kreatif, pelaku seni dan UMKM berbaur berkolaborasi dengan harapan akan tumbuh dan besar bersama.

    "Selain berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (Ekraf) juga dapat menjadi trigger bagi peningkatan pendapatan daerah dan penciptaan lapangan kerja", ungkap Suardi Saleh.

    Dalam kesempatan itu, Suardi Saleh juga menyampaikan terima kasih kepada Kepala Disbudpar Provinsi Sulsel Dr. Ir. H. Muh. Arafah Palu, S.T, M.T atas kehadiran, dukungan dan perhatiannya sehingga kegiatan Berbaur Fest 2024 dapat terlaksana.

    Dirinya mengurai, upaya yang telah dilakukan Pemda dalam mengawal pertumbuhan Ekraf, yakni menyusun kebijakan dan regulasi yang mendukung peningkatan kualitas, kepariwisataan dan ekraf, meningkatkan kualitas SDM, mengembangkan daya tarik wisata lokal, melakukan promosi dan pemasaran secara digital, meningkatkan kerjasama dengan komunitas lokal, serta penguatan Branding Daerah. 

    "Sebagai bukti nyata beberapa tahun terakhir Pemda Barru rutin mengadakan pameran, festival, workshop pengelolaan bisnis, pelatihan keterampilan pelayanan, serta keahlian kreatif lainnya termasuk kerjasama dengan masyarakat dalam mengembangkan dan memasarkan produk kerajinan tangan, kuliner dan seni pertunjukan baik di dalam dan di luar daerah", ujarnya.

    Selain itu, Suardi Saleh optimis terhadap pertumbuhan komunitas lokal yang merupakan kunci bagi perkembangan ekonomi kreatif yang berkelanjutan dan inklusif.

    Dijelaskan bahwa komunitas lokal adalah sumber utama kreatifitas dan inovasi, komunitas lokal dapat menjadi pasar pertama bagi produk-produk kreatif yang dapat merambah pasar yang lebih luas. 

    "Ketika komunitas terlibat aktif dalam bidang Ekraf, mereka merasa memiliki dan bertanggung jawab atas perkembangan ekonomi di daerahnya dan hal ini membawa dampak positif berkelanjutan bagi perkembangan Ekraf serta kesejahteraan masyarakat", terang Suardi Saleh.

    Diakhir sambutannya, Bupati dua periode itu, mengingatkan Kepala Disparpora Barru untuk mempersiapkan segala syarat agar Berbaur Fest dapat diusulkan menjadi kharisma Event Nasional.

    "Semoga kegiatan ini membawa manfaat untuk kemajuan kepariwisataan dan industri ekonomi kreatif di Barru", harapnya.

    barru sulsel
    Muh. Ahkam Jayadi

    Muh. Ahkam Jayadi

    Artikel Sebelumnya

    Kembali Gelar Cooling System, Kapolres Barru...

    Artikel Berikutnya

    Bupati Barru Lantik Pengurus IKA SMAN 3...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Nagari TV, TVnya Nagari!
    Mengenal Lebih Dekat Koperasi
    TV Parlemen Live Streaming
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Kunjungan Tim Wasev Pusterad Mabesad pada Program TMMD Ke-122 Kodim 1805/Raja Ampat di Kampung Saporkren, Distrik Waigeo Selatan

    Ikuti Kami